UNTUK PERUSAHAAN ANDA, KAMI MELAYANI : 1. TRAINING MANUAL SOLDERING SKILL ; 2. TRAINING QC CIRCLE DAN QC FOR MANUFACTURING ; 3. TRAINING FOR PRODUCTION SYSTEM; 4. TRAINING APLIKASI DAN KETRAMPILAN ELEKTRONIKA . HUBUNGI KAMI DI ZAENALFADLY3@GMAIL.COM ATAU FADLY.ZAENAL@YAHOO.COM ATAU DI 085718729631

Senin, 21 Januari 2013

QC Introduction (2)- PDCA


3.     SIKLUS PLAN-DO-CHECK-ACT

Siklus Plan - Do - Check - Act ( PDCA ) sangat penting dalam aktivitas “ pemeliharaan “ dan “ perbaikan “

Kita putar roda PDCA dan mengikuti setiap tahapannya :

PLAN, DO, CHECK, ACT.
Penerapan :

Siklus PDCA berdasarkan pada “ Siklus Deming “, Dr. Deming  memperkenalkan QC ke Jepang dari Amerika Serikat setelah Perang Dunia 2.

 
Kita memberikan penekanan pada tahap pemeriksaaan ( check ) dalam upaya mendapatkan tindakan yang lebih efektif yang digambarkan pada siklus PDCA di sebelah kanan.
Ketika anda telah sampai pada tahap tindakan,jangan berhenti. Anda harus kembali pada
tingkat rencana dan rencanakan pengembangan lebih lanjut.
Hal ini sangat penting untuk menemukan sumber dari suatu masalah. Belum berhasil dengan baik jika hanya memberhentikan masalah, kita harus menemukan penyebab dari masalah dan menghilangkannya ( lihat bagian 6, Pencegahan Masalah untuk lebih lengkapnya ).

Berikut ini adalah contoh gugus QC dengan menggunakan PDCA. Gugus ini mengambil tema “ Penurunan biaya pemanasan dalam kantor kami “. Dibawah adalah tindakan yang mereka ambil.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan masukkan komentar anda: