UNTUK PERUSAHAAN ANDA, KAMI MELAYANI : 1. TRAINING MANUAL SOLDERING SKILL ; 2. TRAINING QC CIRCLE DAN QC FOR MANUFACTURING ; 3. TRAINING FOR PRODUCTION SYSTEM; 4. TRAINING APLIKASI DAN KETRAMPILAN ELEKTRONIKA . HUBUNGI KAMI DI ZAENALFADLY3@GMAIL.COM ATAU FADLY.ZAENAL@YAHOO.COM ATAU DI 085718729631

Minggu, 20 Januari 2013

Cara membending component


Tahap untuk membending kaki komponen adalah sbb:
a.       Luruskan kai komponen agar mudah diatur bendingnya
b.      Ukurlah lebar pitch dari hole ke hole sedemikian sehingga lebar kaki dengan body komponen adalah sama / seimbang antara yang kiri dan kanan. Gunakan pinset untuk membending dan pastikan tegak lurus 90o.
Quality criteria untuk Bending secara  manual adalah sbb:
a.       Jika kaki komponen di bending outwards diusahakan kaki komponen menyentuh sisi luar dari lubang pattern PCB. Sebaliknya jka kaki komponen dibending inwards, diusahakan kaki komponen menyentuh sisi dalam dari lubang.
b.      Hasil dari kaki yang dibending, diusahakan sedemikian sehingga nilai standard/kode warna bisa terbaca dari atas
c.       Arah Kaki yang dibending harus mengikuti arah dari pattern dan tidak dibending pada arah yang sama tetapi pada arah yang Berlawanan atau membentuk beberapa perbedaan sudut.
d.      Punggung kaki bagian atas tidak terlihat tertarik atau terdorong saat membending kaki bagian bawahnya. Jadi harus tegak lurus.




Berikut ini adalah contoh hasil bending yang kurang bagus



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan masukkan komentar anda: